Hanya Dua Tetes Saja!

Akang/Euceu, ini berita di awal bulan ini. Jadi sudah agak lama tapi tetap menarik. Mari kita simak.
TEMPO Interaktif, Jakarta:Rata-rata konsumsi protein dan susu masyarakat Indonesia tergolong sangat memprihatinkan. "Kalau dibuat rata-ratanya, hanya dua tetes susu yang diminum orang Indonesia setiap hari," kata pengamat ekonomi dari Insttitut Pertanian Bogor, Bustanul Arifin, Selasa (1/7).
Rendahnya konsumsi susu ini, sangat terkait erat dengan kemiskinan sehingga masyarakat cenderung lebih mementingkan konsumsi karbohidrat.
Data di Departemen Pertanian menyebutkan, total produksi susu dalam negeri mencapai 350 ribu per tahun. Jumlah ini masih jauh di bawah jumlah impor susu dalam negeri yaitu sebanyak 1,5 juta ton per tahun. Impor itu kebanyakan dalam bentuk susu bubuk.
Sementara itu, tingkat konsumsi susu segar domestik pada 2006 hanya 2,19 kilogram per kapita per tahun. Sedangkan konsumsi susu segar impor hanya 7,16 kilogram per kapita per tahun.
Untuk tingkat konsumsi protein rata-rata hanya 4,5 kilogram ayam per tahun. Jumlah ini jauh lebih kecil dari Malaysia, 38,5 kilogram, dan Thailand 14 kilogram per kapita per tahun.
Untuk mengatasi hal ini, kata Direktur Budidaya Ternak Non-ruminansia Departemen Pertanian Djajadi Gunawan, harus diadakan kampanye untuk meningkatkan kepedulian untuk mengkonsumsi protein dari susu, telur dan daging. "Tahun ini akan kami adakan kampanye itu," kata Djajadi. ARTI EKAWATI

Post a Comment

2 comments:

  1. tukang jukut24 July, 2008

    mudah-mudahan 2 tetes oge berkualitas Kang! hehehe...

    ReplyDelete
  2. pengamat susu24 July, 2008

    kayaknya itu 2 tetes nggak valid ah angkanya. saya mah curiga kalau di tempat tertentu hanya dapat 0,000000000...1 tetes (iklan pulsa lah) sementara di tempat lain (yang kaya raya) mendapatkan bertetes-tetes . mungkin bahkan bergalon-galon...

    ReplyDelete