23 September 2010

Info Kegiatan IKA Fapet UNPAD: Farm Stay Mahasiswa


Farm Stay (Program Sosial dan Entrepreneurship bagi Mahasiswa Fapet) adalah suatu program sosial dan kewirausahaan bagi mahasiswa melalui aktivitas pengelolaan ternak secara langsung (yang sudah berjalan terdiri atas sapi potong dan broiler). Ternak yang dikelola adalah milik alumni dan IKA Fapet Unpad yang diusahakan oleh mahasiswa di kandang Test Farm Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran.

Kegiatan ini diharapkan akan meningkatkan keterampilan dan memupuk jiwa kewirausahaan karena mahasiswa terjun langsung, dan sekaligus menjadi kegiatan sosial karena setiap periode pemeliharaan harus mengikut sertakan mahasiswa yang mempunyai keterbatasan ekonomi.

Selain memperoleh honor pemeliharaan, mahasiswa memperoleh bonus atas prestasi kerja yang dicapai sesuai dengan kesepakatan yang dibuat oleh kedua belah pihak. Khusus untuk farm stay sapi potong, mahasiswa juga akan memperoleh keuntungan tambahan apabila dapat memasarkan sapi yang dipeliharanya.

Bentuk kegiatan:

  1. Pengelolaan langsung sapi potong berjumlah 100 ekor 
  2. Pengelolaan ayam broiler di kandang close dan open house berkapasitas 2300 ekor
Tempat: Fakultas Peternakan Unpad

Peserta:

  1. Farm Stay Sapi Potong (mahasiswa rata-rata 20 orang/periode) 
  2. Farm Stay Broiler (mahasiswa rata-rata 2 orang/periode)
Keikutsertaan mahasiswa tidak mampu rata-rata 4 orang/periode

Pembina:
a. Staf Fakultas Peternakan Unpad, yang terdiri atas:

  1. Diki Ramdani, S.Pt., M.Sc (Farm stay Sapi Potong)
  2. Endang Sudjana, S.Pt., MS (Farm stay Broiler)
b. IKA Fakultas Peternakan Unpad

Jumlah kegiatan:

  1. Farm Stay Sapi Potong (3 periode)
  2. Farm Stay Broiler (1 periode) 
Penelitian: Mahasiswa yang melakukan penelitian berjumlah 3 orang.

Note: Laporan diatas dikutip dari website resmi Fapet UNPAD. Untuk lebih lengkapnya silakan membaca Informasi Kegiatan IKA Fapet UNPAD dengan klik disini. Satu hal yang cukup mengharukan, laporan tersebut diawali dengan berita penggalangan dana pada pertemuan alumni (pulangkandang) dua tahun lalu, yang ternyata pengumumannya juga dimuat di website ini, silakan cek pada halaman ini.
Pengumuman-pengumuman dan informasi dari IKA Fapet UNPAD bukan berarti menunjukkan website ini terkait secara organisatoris dengan IKA Fapet UNPAD, sebaliknya website ini berdiri secara independen dan menggunakan swadaya murni.
Semoga di masa depan, sinergi seperti ini bisa berlangsung dengan lebih harmonis, dan IKA Fapet UNPAD memberi perhatian secara proporsional kepada media-media online yang ditujukan untuk membantu sosialisasi program organisasi.


Silakan copy-paste dengan tetap mencantumkan link sumber


No comments:

Post a Comment


[pulangkandang.com]-> [close]