Pemerintah Siap Kembangkan BUMN Peternakan

JAKARTA--MI: Pemerintah menyatakan kesiapannya untuk mengembangkan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bidang peternakan.

Menteri Pertanian Suswono di Jakarta, Selasa (7/9) mengatakan, perusahaan milik negara tersebut nantinya ditugaskan untuk membantu tercapainya swasembada daging sapi di dalam negeri.

"Yang jelas ke depan, BUMN peternakan merupakan hal yang penting dan perlu ada. Ini dalam rangka swasembada daging," katanya disela kegiatan pasar murah daging yang digelar di Kelurahan Klender.

Menurut dia, BUMN peternakan nantinya akan mengurusi bidang pengembangan sapi-sapi betina produktif dan pengadaan bibit sapi untuk sapi potong.

Saat ini usaha tersebut sebenarnya sudah digeluti oleh PT Berdikari, perusahaan sejenis yang bergerak di bidang yang sama yaitu PT Bina Mulia Ternak. "Saya kira ini perlu didukung," katanya dalam pembukaan pasar murah daging yang dilakukan Menteri Negara BUMN Mustafa Abubakar itu.

Sementara itu Dirjen Peternakan Tjeppy D Soedjana mengatakan, nantinya BUMN peternakan dapat menjadi lembaga penangkar yang bisa memenuhi kebutuhan daging, meski peran serta masyarakat akan tetap dilibatkan.

"Kalau sekarang ini sudah dimulai maka paling tidak enam tahun ke depan sudah terbentuk," jelas Tjeppy.

Menanggapi hal itu Ketua Himpunan Alumni Fakultas Peternakan (Hanter) Institut Pertanian Bogor (IPB) Rifda Ammaria, mengaku optimistis, bila keberadaannya telah legal maka, BUMN peternakan akan menjadi unit usaha baru Kementerian Pertanian yang prospektif.

Menurut dia, prospek BUMN peternakan dinilainya sangat bagus apalagi saat ini SDM peternakan juga berkualitas, terutama dari lingkup IPB dapat diandalkan dalam berpartisipasi membangun sektor peternakan ke depan.

"Apalagi Menteri Pertanian Suswono merupakan lulusan program S1 Fakultas Peternakan IPB," katanya. (Ant/OL-9)

source: www.mediaindonesia.com

Post a Comment

No comments