01 October 2010

Berdikari Diarahkan Jadi BUMN Peternakan

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengusulkan agar peran PT Berdikari bisa diarahkan menjadi perusahaan yang bergerak di bidang peternakan.

Usulan tersebut menanggapi ide Menteri Pertanian Suswono yang menginginkan agar dibentuk BUMN khusus di bidang peternakan untuk menunjang swasembada daging.

"Peran Berdikari bisa ditransformasi menjadi BUMN peternakan. Selama
ini mereka urus macam-macam," kata Sekretaris Kementerian BUMN, M Said Didu di kantornya, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Rabu 8 September 2010.

Said Didu menyarankan agar usulan pembentukan BUMN peternakan tersebut tidak diarahkan pada pembentukan BUMN baru. Pemerintah sebenarnya bisa memanfaatkan BUMN yang sudah ada untuk menjalankan usaha di bidang peternakan.

"Kalau mau bentuk BUMN baru harus menunggu peraturan pemerintah dan bisa sampai setahun," kata Said.

Saat ini, Berdikari memiliki areal seluas 6.000 hektare. Di areal tersebut, perseroan sudah mengembangkan peternakan yang khusus membiakkan sapi pedaging.

Selain mengembangkan sapi melalui unit usaha Berdikari United Livestock, Berdikari juga memiliki empat divisi lain yang bergerak di bidang perdagangan, asuransi, logistik, dan furnitur.

"Berdikari cukup dibesarkan size-nya saja. Saat ini, perusahaan harus dibuat secara moderen, tidak bisa lagi dikembangkan peternakan model gembala," kata Said seraya menambahkan bahwa pemerintah Sulawesi Selatan bahkan berminat mendirikan anak usaha untuk pengembangan peternakan.

Selain menambah size, transfomasi bisnis Berdikari menjadi BUMN
peternakan dapat dengan mudah dilakukan dengan jalan menambah modal untuk membuat perusahaan bisa beroperasi.

source: vivanews.com


Silakan copy-paste dengan tetap mencantumkan link sumber


1 comment:

  1. Sok lah, semoga menjadi kenyataan.. , Kang Teddy Sutiana yang sekarang menjabat DIRUT PT. BULI, semoga tetap semangat...

    beng83

    ReplyDelete


[pulangkandang.com]-> [close]