13 October 2010

Gue Emang Tua, Tapi Pinter!!

Di sebuah peternakan ayam terdapat 25 ekor ayam betina dan 1 ekor ayam jago yang umurnya sudah 'sepuh' sekali. Pemilik peternakan memutuskan untuk membeli 1 ayam jago lagi yang masih muda karena merasa ayam jago yang tua sudah melewati masa produktifnya.

Sang pemilik peternakan tak mau rugi karena produksi telur menurun. Tetapi idenya mendatangkan pejantan baru yang ganteng, gagah dan muda ini segera memancing reaksi negatif dari ayam jago tua. Tentu saja hal ini membuat si ayam jago tua menjadi merasa tersaingi, dan ia takut kehilangan 'hak' atas ayam-ayam betina. Segera ayam tua melakukan negosiasi dengan sang ayam jago pendatang baru.

Ayam Jago Tua: "Eh, kamu jangan mentang-mentang masih muda terus jadi serakah ya! Ayam betinanya kan ada 25, kamu boleh ambil yang 15 sedang aku yang 10 ekor."

Ayam Jago Muda: "Tidak bisa. Kamu kan sudah tua dan loyo, pokoknya semua buat aku!!" (mengejek abiss)

Ayam Jago Tua: "Kalau begitu mendingan kita lomba saja, siapa yang menang boleh ambil semua ayam betina yang ada disini."

Ayam Jago Muda : "Boleh!!! Mau lomba apa ?" (menantang)

Ayam Jago Tua : "Lomba lari 100 m."

Ayam Jago Muda : "Ok, gak masalah!"

Ayam Jago Tua : "Tapi karena aku sudah tua, aku minta untuk lari duluan di depanmu 25m ya!"

Ayam Jago Muda : "Boleh!" (dengan penuh keyakinan).

Lomba lari pun akhirnya dimulai. Ayam jago tua lari dulu 25 meter, kemudian ayam jago yang muda menyusul dengan kecepatan dua kali lipat. Untung tak dapat diraih, malang tak dapat ditolak, sewaktu hampir bisa nyusul ayam tua, si ayam jago muda tiba-tiba menggelepar dan mati seketika. Sebutir peluru bersarang di tubuhnya. Ia ditembak oleh pemilik peternakan dengan sadis!

Sambil memungut ayam muda yang mati mengenaskan tadi, si pemilik peternakan menggerutu.

"Sial!! Ini ayam jago homo yang kesepuluh yang aku beli di bulan ini... Hhh, bukannya mengejar ayam betina, malah mengejar ayam jago tua...!!"

Sumber: Tulisan ini diadaptasi dari cerita berjudul "AYAM JAGO TUA VS AYAM JAGO MUDA" di halaman ini.


Silakan copy-paste dengan tetap mencantumkan link sumber


1 comment:

  1. dicari ternak yg paling cerdas....

    ReplyDelete


[pulangkandang.com]-> [close]