17 December 2010

Kang Arfan Oesman: "Masih Banyak Yang Lebih Pantas!"

Kesan pertama yang muncul sewaktu pulangkandang.com mewawancarai Kang Ir. Arfan Oesman adalah sosok alumni Fakultas Peternakan UNPAD yang ramah dan penuh respek pada sesama. Meskipun alumni dari angkatan 1984 (BigHorn) telah mendaulatnya untuk menjadi kandidat Ketua IKA FAPET UNPAD dalam Musyawarah Besar 8 Januari 2011 nanti, tetapi Kang Arfan masih berusaha 'mengelak' dan menganggap masih banyak alumni lain yang lebih layak dimajukan.

Pulangkandang.com mewawancarai Kang Arfan melalui media surel dan kontak telepon, dan menampilkan profile beliau dalam rubrik 'sosok' kali ini. Semoga perkenalan kita dengan Komisaris PT. LESTARI MARDI UTAMA (tahun 2005 – sekarang) dan sekaligus Direktur Utama PT. ARGA HADI UTAMA (tahun 2008 - sekarang) ini memberi inspirasi bagi para alumni Fapet UNPAD.

Arfan Oesman kecil dilahirkan 16 April 1966 dan menghabiskan masa kanak-kanaknya di kota Bandung Jawa Barat. Masa kecil diisinya dengan mengenyam pendidikan di bangku TK Palasari dan SDN Halimun V Bandung. Kang Arfan kemudian melanjutkan pendidikan di SMPN 5 Bandung dan SMA Sumatera 40 Bandung sebelum akhirnya masuk di Fakultas Peternakan UNPAD.

Mengomentari pencalonannya sebagai kandidat Ketua IKA FAPET UNPAD, Kang Arfan menjawab, "Sebenarnya saya belum pantas untuk dicalonkan jadi kandidat karena saya merasa belum mampu untuk amanah jabatan itu dan masih banyak yang lebih pantas. Namun segelintir dari Bighorn meminta saya utk jadi kandidat..."

Beberapa waktu yang lalu sempat muncul ungkapan ketidakpuasan alumni di page ALUMNI FAPET UNPAD (facebook) mengenai program IKA yang tidak jalan. Pendapat ini kemudian disanggah alumni lain yang menyatakan beberapa keberhasilan IKA. Kang Arfan memberikan tanggapan mengenai hal tersebut secara 'moderat'. Ungkapnya, "...saya respek dengan pengurus IKA saat ini, sekurang-kurangnya pengurus sudah berbuat dan menghasilkan sesuatu yang patut kita hargai, namun mungkin saya kurang mendapat informasi mengenai program dan kegiatan yang lainnya..."

Secara jujur Kang Arfan mengakui kurang mendapat informasi mengenai IKA, tetapi hal itu tidak dapat dibebankan sepenuhnya menjadi kekurangan IKA. Lanjutnya lagi, "Saya yakin pengurus sudah menginformasikan program dan kegiatan lainnya kepada alumni, tapi saya sendiri yang belum mencari tahu. Selamat untuk pengurus IKA sekarang dan terima kasih atas sumbangan tenaga, waktu, serta pikirannya. Hanya Allah SWT yang dapat membalas kebaikan pengurus."

Suami dari Ir. Tina Ika Chairunnisa yang sudah diamanahi dua orang buah hati, yaitu Nadira Farhana (SMAN kelas 1) dan Nafila Fidina (SMPN kelas 3), kemudian menyampaikan beberapa poin harapannya tentang IKA di masa datang, yaitu:
1. Mempertahankan dan melanjutkan program yang sudah berjalan dengan baik.
2. Meng-update data alumni yang terbaru agar mayoritas alumni dapat menerima informasi tentang program dan kegiatan.
3. IKA dan Fakultas dapat menjadi mitra dalam memajukan almamater
4. Melalui IKA, silaturahmi alumni dapat lebih erat
5. IKA dapat membantu/menjembatani alumni dan calon alumni minimal informasi pekerjaan atau usaha
6. IKA dapat wadah informasi (mis: kebahagian, duka cita dll.) untuk seluruh civitas akademika.

Kang Arfan sempat mengikuti beberapa pendidikan non-formal untuk memantapkan langkahnya di jalur karir dan bisnis. Tercatat diantaranya adalah mengikuti pelatihan bersama Mark Plus di Jakarta pada tahun 1993 – 1995, Pendidikan Proses Daging Berkualitas di Perth, Australia pada tahun 1994, Pelatihan Food & Baverage di Jakarta pada tahun 1995, dan Pelatihan Industri Pengolahan Daging Halal di Kuala Lumpur, Malaysia pada tahun 2002.

Perjalanan karir Kang Arfan sebelum menempati posisinya sekarang, tercatat pernah menjadi Direktur PT. IKMALINDO PRATAMAGUNA (1990 – 1993), Manager Marketing PT. KRESNA NANDI ARSETAMA (1993 – 1995), Direktur Operasional PT. ROYALINDO MASABADAN (1995 – 2001) dan Direktur PT. JAKARTA FOOD INDUSTRY (2001 – 2005).

Hal lain yang menarik, ternyata Kang Arfan juga pernah mengikuti pelatihan International Fire Rescue di Amsterdam, Belanda pada tahun 2006, Pelatihan Krisis Gempa & Bencana Alam di Tokyo, Jepang pada tahun 2007 dan Pelatihan International Resque di Paris, Perancis pada tahun 2008. Ketika pulangkandang.com menanyakan tentang ini, ternyata Kang Arfan juga berada dalam dunia bisnis pengadaan kelengkapan dan properti untuk proses penanggulangan bencana, yang dalam hal ini berhubungan dengan aktivitas BASARNAS dan pihak-pihak terkait.

Masih banyak yang belum tergali dari sosok Kang Arfan Oesman, tetapi dari sekilas pintas perjalanan karirnya kita dapat melihat bahwa kerja keras dan kesungguhan menjadi jalan pencapaian keberhasilan. Selamat berjuang Kang Arfan!



Silakan copy-paste dengan tetap mencantumkan link sumber


1 comment:

  1. wilujeng tandang Kang Arfan! semoga membawa kemajuan bagi IKA jika terpilih nanti ya. amiin...

    ReplyDelete


[pulangkandang.com]-> [close]