28 February 2011

Kenangan Minyak Ikan dan Rambut 5 Kerintil Berpita Hijau


Minggu pagi yang sepi ini terasa dingin sekali, suhu udara di musim dingin ini dapat membuat manusia menggigil dengan gigi bergemeletukan. Temperatur bakal cuma 56°F, dan bahkan 38°F (3,33°C) di waktu pagi. Meski begitu, rasa dingin tak kuasa menahan ingatanku melesat kembali ke masa puluhan tahun silam di kampus tercinta. Aku adalah salah seorang diantara 50 orang, 5 wanita muda dan 45 pemuda, yang berkuliah di Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran.

Kampus tempatku menuntut ilmu terletak di Bukit Dago, bersebelahan dengan Faperta Unpad. Fapet Unpad menempati sebagian kecil saja dari bangunan-bangunan yang ada, maklum fakultas baru ini baru dimulai di tahun 1963. Aku juga beruntung masih kebagian kuliah di Jl. Singaperbangsa, di gedung yang sebetulnya tempat Fakultas Farmasi (kalau nggak salah). Aku lupa tepatnya, tapi rasanya selama 2 atau 3 tahun kami kuliah disitu, dan kalau ada praktek maka kami nebeng di ITB.

Fase awal perkuliahan dimulai dengan seremoni perpeloncoan mahasiswa baru. Walau tidak seberat perpeloncoan organisasi mahasiswa, tapi membawa kenangan dan keakraban. Mahasiswa Fapet Unpad tidak terlalu banyak waktu itu, sehingga kami kenal semua dari angkatan 1963 sampai dengan angkatan 1969. Angkatan 70 sdh mulai terlalu banyak mahasiswanya, sehingga sulit buatku mengenal semua. Puncaknya tahun 1971, aku sudah tidak ada lagi yang kenal, karena jumlah mahasiswa yang semakin banyak dan kesibukan kuliah.

Perpeloncoan mahasiswa yang lebih berat waktu itu dapat ditemui pada organisasi seperti PMB, CSB, dan HMI. Tiap pagi kami dicekokin minyak ikan, harus hadir jam 5 pagi dan pulang jam 11 mlm! Ini berbahaya karena bisa terjadi kecelakaan di jalan. Kami harus naik sepeda, rambut diikat 5 kerintil dengan pita hijau, yang laki-laki pakai topi hijau. Perempuan harus pakai celana, rok, dan jaket. Penampilan yang mirip seperti orang gila...

Selepas dua minggu perpeloncoan, kegiatannya ada rapat, mengumpulkan dana sumbangan (pokoknya kegiatan-kegiatan sosial). Aku akhirnya mengundurkan diri dari organisasi. Sebabnya? Teu resep ah...

YH (67)


Silakan copy-paste dengan tetap mencantumkan link sumber


1 comment:

  1. kisah lama yang pastinya masih sangat berkesan... terima kasih sharingnya, Ceu...

    ReplyDelete


[pulangkandang.com]-> [close]