Bikin Website Angkatan Yuks! Gampang Koq!

Akang Euceu Alumni Fakultas Peternakan Unpad yang berbahagia, meski sudah lama berselang tetapi kisah-kisah semasa kuliah tetap lekat dalam ingatan bukan? Sebagian cerita itu terwakili oleh foto-foto, tetapi sebagian besarnya lagi hanya mengendap dalam ingatan. Sayang sekali, karena kemampuan mengingat kita terbatas maka kenangan-kenangan secara perlahan akan terlupakan, dan perlu sedikit usaha untuk mengingat dan menceritakannya kembali.

Itulah, mengapa upload foto-foto semasa kuliah di Fapet Unpad terkadang membuat kita tercengang. "Hah, aku pernah se-culun itu?" atau "Aduh, eta beungeut!!", begitulah cara sebagian kita berkomentar di facebook. Sebagian kita malah sulit mengenali foto teman sekampus karena sudah lama tidak berjumpa, dan ada lagi yang ingat wajah tapi lupa nama.

Saat ini sudah 1341 orang bergabung di page ALUMNI FAPET UNPAD yang kami kelola. Sungguh bahagia, page yang asalnya dibuat untuk 'sekedar' mengisi kekosongan, ternyata telah berkembang untuk menjadi forum berkumpul para alumni dari berbagai angkatan. Meski interaksi via komentar masih minim, tetapi tingkat kunjungan cukup ramai.

Pulangkandang.com mengelola database alumni segera setelah melihat perkembangan jumlah member page di facebook semakin berkembang. Database ini diharapkan dapat menjadi modal awal untuk meningkatkan networking sesama alumni. Pada tingkat minimal, pulangkandang.com dapat menyediakan data sederhana (nama, alamat & saluran kontak) untuk alumni lain yang membutuhkan.

Kami kemudian menyediakan halaman khusus per angkatan, yang menampilkan nama-nama alumni. Alumni yang sudah 'menyetor' data kami tampilkan secara khusus, yaitu ditautkan kepada laman pribadi (fb, blog dll.) untuk memudahkan alumni mengunjungi langsung di alam maya.



Sebenarnya beberapa angkatan telah memiliki website tersendiri yang merupakan 'rumah bersama' angkatan tersebut di dunia internet. Sebut saja diantaranya Mustang89.com, Angkatan90.org (alm), Cheviot96, Rambouillet98, dan Ox92.net. Keberadaan situs-situs tersebut merupakan jawaban terhadap kebutuhan memelihara jalinan silaturahmi alumni seangkatan setelah lulus dari kampus, mengingat kedekatan dan keeratan hubungan didalam tubuh satu angkatan biasanya sangat unik dan khas.

Sudahkah Angkatan Akang/Euceu memiliki website angkatan? Jika sudah, alangkah baiknya untuk terus dipelihara. Kita tidak pernah tahu kapan akan sangat membutuhkannya. Jika belum, kami mendorong inisiatif untuk segera mewujudkan website tersebut.

Website angkatan alumni dapat dibuat secara statis atau dinamis, tetapi nampaknya kecenderungan tipe web sekarang bergerak ke arah interaktif, dan web berbasis blogging lebih populer. Web seperti ini juga dapat memancing peran aktif seluruh komponen angkatan untuk menghidupkannya.

Untuk apa membuat web angkatan? Kan sudah ada fb? Salah satu kelebihan web adalah fasilitas pengarsipan yang lebih mudah dicari dan pengklasifikasian isi web, yang memudahkan pengunjung mencari info yang dibutuhkan.

Kami meyakini bahwa banyak SDM dari angkatan masing-masig alumni Fapet Unpad yang mampu bahkan mahir membangun website dan memeliharanya, karena itu tidak merupakan masalah besar untuk mengadakan web angkatan ini. Masalahnya biasanya adalah tenaga dan waktu, karena kesibukan masing-masing alumni sudah sangat padat.

Menyadari kemungkinan munculnya masalah ini, Pulangkandang.com menawarkan dukungan pembuatan website angkatan ini untuk Akang/Euceu. Kami menawarkan bantuan pembuatan website angkatan, sekaligus pemeliharaannya.

Bantuan yang ditawarkan:
  1. Perancangan layout (wajah dan tipe website)
  2. Pengurusan nama website (contoh angkatanku.com atau angkatanmu.org)
  3. Pengaturan akses untuk para admin/kontributor (pemegang peran mengisi web adalah para kontributor dari angkatan sendiri, kami hanya menyiapkan frame-nya)
  4. Perancangan koneksi ke jaringan sosial (web nantinya terkoneksi ke fb khusus angkatan)
  5. Bantuan teknis editing dan perbaikan jika dibutuhkan, selama setahun penuh.

Untuk membuat website angkatan ini tentu dibutuhkan biaya, dan ini akan dibebankan kepada anggota angkatan, dengan nilai seminimal mungkin. Berkaca dari sebuah angkatan, partisipasi tersebut dapat dengan nilai minimal Rp. 10.000 saja untuk per orangnya.

Dana yang terkumpul digunakan Pulangkandang.com untuk membeli nama domain (dot com, dot org, atau dot net), membayar bandwith untuk pembangunan website dan pemeliharaan selama setahun penuh (full service).

Dana ini juga sekaligus untuk membiayai keberadaan Pulangkandang.com dan pemeliharaan kelangsungan page ALUMNI FAPET UNPAD. Selama empat tahun terakhir ini web pulangkandang.com masih merupakan inisiatif individu, padahal biaya yang dibutuhkan untuk pemeliharaan dan pembiayaan bandwith juga tidak sedikit.

Jika Akang/Euceu berminat memanfaatkan penawaran ini, baik untuk membuat website angkatan atau mungkin usaha pribadi, silakan kontak dengan kami melalui email ke pulangkandang@gmail.com.

Post a Comment

2 comments:

  1. website stallion (fapet unpad 97) http://stallion-97.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. berikan aku 1000 orang tua niscaya akan ku angkat semeru dari akarnya.,berikan aku 10 pemuda niscaya akan ku gocang dunia........................Merdeka

    ReplyDelete