Kampus Fapet UGM Membuka Sekolah Berkuda


UGM tengah merancang pendirian sekolah berkuda yang merupakan hasil kerjasama Lab Ternak Potong dan Kesayangan Fapet UGM, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Berkuda UGM dan unit usaha Fapet UGM. Sekolah ini menurut rencana akan dirilis pada Juni mendatang, demikian dilansir surat kabar Kedaulatan Rakyat (14/4/2011).

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Pengembangan Usaha Fapet UGM, Dr. Ir Edi Suryanto MSc menyatakan, "Sekolah berkuda ini tak hanya dirancang untuk memberikan pengetahuan mengenai teknik menunggang kuda untuk kompetisi dan tracking semata, tetapi juga pengembangan bisnis dari sektor ini."

Edi berharap UKM Berkuda UGM dapat memperoleh keuntungan tidak hanya dari prestasi di bidang olah raga, tetapi juga dari bisnis breeding (pembiakan). "Kami juga ingin membangun jiwa wirausaha bagi mahasiswa melalui kegiatan ini," katanya.

Kuda termasuk hewan mahal. Harga seekor belo (anak kuda) jenis unggul dapat mencapai Rp. 40-50 juta. "Kalau bisa dilakukan breeding akan diperoleh keuntungan berlipat," tambah Edi.

Sekolah berkuda pada masa awal hanya akan diperuntukkan bagi anggota UKM berkuda, tetapi dalam jangka menengah akan dibuka untuk masyarakat umum. Guna kelancaran perintisan ini, diharapkan pihak universitas memberikan dukungan finansial.


Silakan cek juga: www.today.co.id

Post a Comment

No comments