Ini Dia Peternakan Sapi Perah Terbesar Di Dunia!

Al Safi Dairy adalah perusahaan yang didirikan pada tahun 1979 dan terletak sekitar 60 mil di sebelah tenggara kota Riyadh, ibukota Arab Saudi. Kawasan pertanian dan peternakan Al-Safi berdiri diatas lahan seluas 14 mil persegi di Lembah Al Sahba dan perusahaan ini menerima pengakuan internasional dari Guinness Book of World Records sebagai peternakan sapi perah terintegrasi terbesar di dunia.

pic: saudiembassy.net
Al Safi Dairy dalam situsnya menyebutkan memiliki peternakan sapi perah yang mencakup 3.500 hektar tanah, kawanan ternak 37.000 ekor Holstein, dan merupakan pemasok berkualitas tinggi susu untuk Al Safi Danone. Danone adalah salah satu perusahaan raksasa produsen makanan yang berasal dari Perancis.

Selama 30 tahun terakhir, Al Safi Dairy telah berinvestasi dalam penelitian dan pengembangan dan negara teknologi seni peternakan sapi perah dan produksi hijauan. Perusahaan ini telah mengembangkan cara-cara dan metodologi tersendiri untuk menghasilkan produksi susu yang efisien dan berkualitas tinggi sehingga menjadi salah satu rujukan pembanding dalam hal tersebut di level dunia.

Selama bertahun-tahun Al Safi telah mencapai tingkat pertumbuhan yang cepat dengan sangat baik dan memiliki program perlindungan lingkungan, serta dukungan untuk masyarakat lokal. Perusahaan mengelola pengolahan, pemasaran, dan distribusi susu yang segar, alami dan sehat untuk kebutuhan sehari-hari, dan juga menghasilkan hijauan berkualitas tinggi untuk pakan ternak.

Semua operasi perusahaan dalam hal memproduksi susu dikendalikan di area ini, mulai dari pemeliharaan puluhan ribu ekor sapi, produksi pakan, tempat memerah susu, pengolahan dan pengemasan, dan sistem distribusi. Semua makanan dasar yang dibutuhkan oleh ternak -seperti rumput alfalfa, rumput Rhodes dan sorgum silase Sudani- ditanam di pertanian mandiri.


Al Safi Dairy farm dimulai sebagai sebuah proyek ambisius yang tampaknya mustahil, dengan itikad ingin memiliki sapi impor dan lokal yang memproduksi susu daripada harus mengimpor susu. Meskipun realitas gurun beriklim kering, tetapi suhu di Kerajaan Arab Saudi dapat menurun ke titik beku di musim dingin dan melambung ke 115 derajat Fahrenheit di musim panas.

Perusahaan ini kemudian mendatangkan sapi-sapi terbaik dari Eropa dan Kanada (dari jenis Friesian Holstein), membentuk sebuah tim besar ilmuwan, dokter hewan dan teknisi laboratoriumk, serta membangun pengeboran sumur alam sedalam 6.600 meter.

Sekarang Al-Safi Dairy berdiri sebagai sebuah farm yang menakjubkan. Tingkat produksi susu dapat mencapai lebih dari 100.000 galon sehari dan itu sangat mengejutkan. Jumlah air yang digunakan dalam operasi perusahaan juga sangat mengejutkan. Selain air yang dibutuhkan untuk irigasi tanaman, banyak air dibutuhkan untuk kawanan susu itu sendiri, dengan masing-masing susu sapi membutuhkan 20 galon sampai 30 galon air per hari.

Selain konsumsi oleh ternak dan irigasi, air di Al-Safi juga digunakan untuk pendinginan kawanan. Untuk melindungi ternak dari panas, terutama selama musim panas, Al-Safi Dairy Farm memiliki kandang ternak yang dilengkapi instalasi khusus sistem pendinginan evaporatif. Menggunakan teknologi terbaru, kipas pendingin mendistribusikan tetesan air untuk mendinginkan ternak yang bernaung di bawah atap khusus.

Meski perusahaan Al Safi Dairy Farm mengklaim sebagai perusahaan sapi perah terbesar di dunia, dan mendapat publiikasi dari situs lain sebagai pemegang pengakuan rekor dunia, tetapi pulangkandang.com menemukan bahwa berita serupa masih ditemukan di laman internet dengan lokasi yang berbeda. Sebuah sumber menyebutkan bahwa terdapat peternakan sapi perah di Oregon yang memiliki instalasi kandang untuk 40.000 ekor sapi perah, dan pemiliknya mengklaim mempunyai peternakan sapi perah terbesar di Amerika.

Post a Comment

3 comments:

  1. perindu farm idaman29 June, 2011

    Endonesia kapan yakh?? Biaya inpestasinya pasti bikin bangkrut...

    ReplyDelete
  2. Subhanlloh,,, Sungguh luar biasa arab saudi,,, negara yang notabene nya sangat panas, ternyata memiliki peternakan sapi perah dan mampu memenuhi membutuhkan suhu dingin.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete