Di Maroko, Kambing Lebih Suka Memanjat Pohon


TEMPO Interaktif, Essaquira - Pepatah yang mengatakan rumput tetangga lebih hijau dari milik sendiri, barangkali tidak dikenal oleh kambing-kambing dari Maroko ini.

Sebab, di kawasan padang pasir jazirah Afrika sulit bertemu dengan rumput hijau. Bahkan untuk mengisi perutnya, kambing-kambing ini terpaksa menjarah pepohonan untuk mendapatkan makanan.

Namun upaya itu tak gampang, hewan ternak jenis Tamri ini harus bekerja keras memanjat pohon Argas, sejenis pohon yang memiliki dahan rimbun dan biji-bijian yang biasanya digunakan oleh petani untuk memasak karena mengandung minyak. Pohon ini dilindungi oleh UNESCO sebagai warisan dunia karena sulit ditemui di negara lain.

Seorang pembaca mengaku bernama Josie, menuliskan kekagumannya ke situs Yahoo.news ketika baru pertama kali melihat kambing bisa naik ke pohon. "Mereka bisa berdiri untuk memakan dedaunan. Saking banyaknya, konfigurasi mereka seperti pohon Natal.. ha...ha...," tulis Josie.

Pemerintah Maroko cukup pandai memanfaatkan kelihaian kambing ini. Marocco National Turist Office memasarkan kehebatan kambing ke dunia pariwisata. Hampir setiap tamu manca negara yang datang ke negeri itu diarahkan untuk menyaksikan kehebatan "si pemanjat dahan" di lahan tandus.

"Aku pernah mendengar kehebatan kambing Maroko. Kini kehebatan itu benar-benar aku saksikan. Luar biasa hebat," tulis Susan Merle, seorang kontributor dallasnews.com.

sumber: tempointeraktif.com

Post a Comment

No comments