08 September 2011

Universitas Padjadjaran Akan Bangun Hotel dan Mal


TEMPO Interaktif, Bandung - Universitas Padjadjaran, Bandung, akan terjun ke bisnis hotel dan pusat belanja. Ini sejalan dengan statusnya sebagai badan layanan umum (BLU).

“Dengan status BLU, Unpad boleh punya unit usaha seperti itu,” kata Rektor Universitas Padjadjaran Ganjar Kurnia di Bandung kemarin.

Tahun depan, universitas itu akan mulai membangun pusat belanja dan hotel di Jalan Dago, Bandung. Selain itu, baru-baru ini Unpad telah menjalin kerja sama dengan perusahaan lokal yang membuat air minum dalam kemasan.

Pusat belanja akan dibangun di lahan kosong yang berada di depan gerbang kampus Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat. Mal itu juga akan dilengkapi dengan fasilitas penginapan. ”Buat orang tua yang datang mau menemui anaknya,” kata Ganjar.

Adapun hotel tiga lantai akan didirikan di Jalan Dago Nomor 4. Sejalan dengan proyek itu, kampus Fakultas Matematika dan IPA di lokasi itu akan ditutup dan kegiatan perkuliahan dipindahkan ke kampus Jatinangor.

Menurut Ganjar, proses perizinan seluruh usaha bisnis tersebut sedang diupayakan. Adapun nilai investasinya belum diketahui. “Waduh, belum sampai ke sana. Ini kan baru gagasan optimalisasi aset,” katanya.

Seluruh keuntungan bisnis, kata Ganjar, akan digunakan untuk mendanai kegiatan universitas. Misalnya, pengembangan auditorium dan masjid baru di Jatinangor serta menambah dana penelitian.

Namun biaya kuliah tidak otomatis turun atau lebih murah. “Karena sekarang juga belum sesuai standar,” ujarnya.

ANWAR SISWADI

sumber: tempointeraktif.com
foto: salah satu view kompleks kampus unpad jatinangor




Silakan copy-paste dengan tetap mencantumkan link sumber


No comments:

Post a Comment


[pulangkandang.com]-> [close]