07 January 2012

Batu Tertua Pulau Jawa Menjadi Bagian Pondasi Gedung Rektorat Unpad Kampus Jatinangor

Mulai awal tahun 2012 ini, seluruh unit kerja di kampus Unpad Jln. Dipati Ukur No. 35 Bandung, mulai berkantor di Gedung Rektorat di kampus Unpad Jln. Raya Bandung-Sumedang Km 21 Jatinangor. Kepindahan seluruh unit kerja Unpad ke Jatinangor ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan dan mendekatkan pengelola tingkat universitas dengan mahasiswa dan dosen Unpad, yang mayoritas berada di Jatinangor.

Gedung Rektorat ini berada di bagian utara kampus Unpad Jatinangor, lokasi yang sebelumnya meliputi lahan Pedca, rumah kaca dan hidroponik Fakultas Pertanian, serta tempat pemotongan unggas Fakultas Peternakan. Posisi lokasi yang tinggi dinilai akan memudahkan untuk melakukan pengawasan terhadap aktivitas yang berada di depan. Lokasi ini juga dapat menimbulkan kesan sebagai lambang kewibawaan.

Pada awalnya, menurut dr. Koeswadji, M.Sc, salah seorang anggota tim penyusun Rencana Induk Pembangunan (RIP) Unpad, Gedung Rektorat ini berada di “jalur tengah” Kampus Unpad Jatinangor. Gedung Rektorat ini dianggap sebagai “Paku” dengan dikelilingi oleh gedung-gedung fakultas dan gedung pendukung lainnya, dengan formasi “sky line”, dari mulai gerbang lama Unpad, hingga Gunung Manglayang yang melatarbelakangi kampus Unpad Jatinangor.

“Konsep ini menjadi berubah antara lain karena berubahnya gerbang masuk Unpad yang asalnya dari Jalan Raya Jatinangor, sekarang dari arah Unwim (sekarang ITB), karena tanah kita terpotong oleh jalan baru yang dibangun Pemda Sumedang,” jelasnya.

Dengan perubahan lokasi tersebut, dr. Koeswadji menjelaskan ada yang berubah dari filosofi Gedung Rektorat yang awalnya sebagai “paku”-nya fakultas, sekarang berubah menjadi bersifat mengayomi, mendorong dari belakang layaknya falsafah pendidikan kita “Tut Wuri Handayani”. “Ini tidak menjadi masalah. Masterplan memang harus dievaluasi, melihat situasi saat ini. Bila sudah tidak sesuai, ya harus diganti,” jelasnya.

Untuk mencari rancangan gedung yang tepat sesuai dengan filosofi, kebutuhan Unpad, dan lokasi pembangunannya, Unpad menyelenggarakan sebuah sayembara prarancangan Gedung Rektorat Unpad yang digelar sejak bulan Februari 2009 bekerja sama dengan Ikatan Arsitektur Indonesia (IAI) Jawa Barat. Sayembara yang diikuti oleh sekira 42 peserta dengan 37 karya yang lolos ini, berhasil dimenangkan oleh Yogi Yogama Suhamdan, ST, IAI., dengan judul karya “Lembur Awi”.

Tahap pertama pembangunan gedung ini dimulai pada Juli 2010 yang meliputi pembangunan struktur dan kulit luar gedung, diawali dengan peletakan batu tertua di Pulau Jawa, yang berumur mencapai lebih dari 136 juta tahun sebagai bagian dari batu pondasi pembangunan Gedung Rektorat Unpad Kampus Jatinangor.

Pemasangan batu tertua tersebut dilakukan pada penentuan titik nol Gedung Rektorat Unpad Kampus Jatinangor, yang dilakukan oleh Rektor Unpad, Prof. Ganjar Kurnia, Rektor ke tujuh Unpad, Prof. Yuyun Wirasasmita, Rektor ke Sembilan Unpad, Prof. Himendra Wargahadibrata dan Sekretaris Senat. Kemudian diikuti para Pembantu Rektor, Para Dekan dan perwakilan dari tiap fakultas, serta dari pihak perbankan.

Rektor Unpad, Prof. Ganjar Kurnia saat Penentuan titik nol Gedung Rektorat Unpad Juli 2010 lalu mengatakan bahwa pembangunan Gedung Rektorat Unpad di Jatinangor merupakan kelanjutan yang telah dirintis oleh rektor-rektor sebelumnya. “Ini merupakan kelanjutan yang telah dirintis sebelumnya oleh Rektor Unpad waktu itu yaitu Prof. Yuyun sekitar tahun 83-84-an. Kemudian dilanjutkan juga oleh Prof. Maman P. Rukmana, dan kemudian Prof. Himendra Wargahadibrata,” tutur Prof Ganjar.

Gedung Rektorat Unpad Kampus Jatinangor ini sendiri dibangun di atas tanah seluas kurang lebih 14.000 M2, dengan tinggi empat lantai ditambah dengan basement. Lantai satu untuk ruang penunjang senat, lantai dua ruang penunjang rektor, lantai tiga untuk ruang kebutuhan umum, dan lantai empat ada mess atau ruang menginap. Untuk mempermudah akses, pada lantai 2 akan dibangun jalan penghubung (connecting) sebanyak tiga buah yang bertemu di gedung senat yang berada di area tengah gedung Rektorat Unpad. *

sumber: unpad.ac.id


Silakan copy-paste dengan tetap mencantumkan link sumber


No comments:

Post a Comment


[pulangkandang.com]-> [close]