11 January 2012

Begini Nih Acara Penerimaan Mahasiswa Baru Fapet Unpad Jaman Sekarang!

Kok judulnya seperti itu? Ya, postingan ini memang ditujukan untuk mereka yang khususnya berasal dari 'jaman lalu'. Liputan dibawah ini, yang kami kutip dari blog TTIP, cukup menyajikan suasana acara Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) tahun 2011. Acara sejenis, dulu dikenal dengan MABIM, POSMA dll.

Mudah-mudahan liputan ini cukup mengobati rasa penasaran sebagian alumni yang menanyakan kondisi kemahasiswaan di kampus sekarang ini. Dapat dimaklumi jika para alumni 'lama' merasa kehilangan info kondisi terkini, karena berasal Akang/Euceu berasal dari rentang angkatan tahun 60-an hingga 2000-an. Selamat membaca...

Liputan: BISON 2011 SEMANGAT BARU YANG LEBIH BESAR

Jatinangor 8-12 Agustus 2011, Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran mengadakan ceremonial penerimaan mahasiswa baru atau yang biasa disebut dengan PMB dengan kegiatan seperti pembekalan serta pengenalan Fakultas, Kelembagaan, Profesionalisme Peternakan, Etika, Organisasi, dll. Kegiatan yang dilaksanakan selama lima hari yang juga berbarengan dengan bulan ramadhan ini merupakan gerbang pengenalan dunia perkuliahan kepada mahasiswa-mahasiswa yang sedang mengalami transisi dari masa sekolah menengah menuju perguruan tinggi.


Dengan jumlah mahasiswa baru sebanyak 310 mahasiswa, yang mana hampir sebagian besar mahasiswanya masuk melalui jalur SNMPTN yakni 187 calon mahasiswa, Undangan 21 calon mahasiswa, Bidik Misi 34 calon mahasiswa, dan jalur SMUP 68 calon mahasiswa. Serta 80% diantaranya berasal dari daerah Jawa Barat. Fakultas Peternakan telah membuktikan bahwa fakultas ini tidak kalah saing dengan fakultas lainnya. Selain itu dengan adanya tradisi pemberian nama bagi tiap angkatannya, angkatan baru ini pun diberikan nama “BISON” yang merupakan singkatan dari “Pembekalan Orientasi Mahasiswa Fakultas Peternakan” yang juga berfilosofi dari sifat bison antara lain yaitu gagah dan tidak rela untuk disakiti, kegiatan PMB ini menitik beratkan pada kekompakan dan kedisiplinan para mahasiswa, jelas Hendrik selaku ketua pelaksana kegiatan PMB tersebut.

Kegiatan yang dikenal dengan nama PMB ini pada dasarnya merupakan kegiatan yang esensialnya lebih dari sekedar pegenalan kampus yang akan mereka naungi, namun juga memotivasi para mahasiswa baru agar dapat mendapatkan gambaran yang jelas dan nyata mengenai studi yang akan mereka laksanakan. Perencanaan–perencanaan studi yang baik dan tepat agar meloloskan jebolan fakultas peternakan yang unggul.

Selain itu juga dalam kegiatan ini mahasiswa dikenalkan dengan dunia “kekampusan” yang mana didalamnya terdapat penjelasan syarat-syarat dilakukannya kegiatan PKL, KKN, serta Usulan Penelitian yang diberikan langsung oleh Pembantu Dekan I Bagian Akademik yakni Dr. Agr. Ir. Siti Darojah Rasjad M.S.


Bukan hanya pengenalan kegiatan akademik kampus saja yang diberikan pada mahasiswa baru ini, akan tetapi juga pengenalan unit kegiatan mahasiswa (UKM) ,baik yang bersifat minat dan bakat ataupun keprofesiannya yang seluruhnya berjumlah 11 UKM, yang diselenggarakan pada hari Kamis, 11 Agustus 2011 di aula Gedung 5 Fakultas Peternakan Universitas Padjajaran. Adapun acara pada hari itu dilanjutkan dengan mengadakan kegiatan pengenalan mahasiswa pada komoditas ternak yang ada di Fakultas Peternakan dengan cara berkunjung langsung ke komplek perkandangan Fakultas Peternakan dan di akhiri dengan kegiatan pembuatan telur asin yang mana sekaligus mengenalkan pada mahasiswa baru mengenai pengolahan hasil peternakan.

“Adapun follow up dari kegiatan PMB ini nantinya para mahasiswa akan diarahkan pada pemilihan ketua angkatan yang kemudian selanjutnya akan diarahkan adanya kegiatan-kegiatan yang mana para mahasiswa baru akan dilibatkan secara menyeluruh dalam pelaksanaan kegiatan tersebut sehingga diharapkan setelah terlaksanakan kegiatan-kegiatan tersebut para mahasiswa baru dapat lebih solid dalam berkehidupan baik dalam bidang akademik ataupun sosial” lanjut hendrik. Selain itu menurut Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa Fapet Unpad , Diky Somantri, dengan adanya kegiatan PMB dan follow up-nya akan turut membantu mengangkat nama fakultas itu sendiri serta akan menciptakan kader-kader organisatoris kedepannya.

Begitupun disampaikan oleh Asep Rahayu Nugraha, pria kelahiran Majalengka yang dipercaya sebagai Koordinator Mahasiswa ini merasakan manfaat kegiatan PMB, kedisiplinan dan kekompakan yang dirasakan semakin tinggi, dan Asep akan menerapkan kekompakan dan kedisiplinan tersebut walaupun kegitan PMB telah berakhir

Lain halnya dengan pendapat Pembantu dekan III bagian kemahasiswaan, Dr. Rahmat Hidayat, Spt, MSi, yang mana menyebutkan bahwa untuk angkatan yang baru ini akan lebih diarahkan pada peningkatan mutu akademik yang mana salah satunya dengan akan diikutsertakan para mahasiswa baru ini dalam kegiatan-kegiatan pengembangan penalaran seperti PKM.

Hal yang membanggakan pun tidak datang hanya dari para mahasiswa baru angkatan 2011, para panitia pun, menurut hendrik, telah melaksanakan tugasnya dengan baik. Dengan sistim koordinasi yang terarah menjadikan bukan hanya para mahasiswa baru akan tetapi kepanitiaan yang solid juga. Selain itu dukungan dari para panitia dosen juga turun memberikan andil dalam kegiatan PMB ini.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan selama lima hari ini ditutup dengan kegiatan buka puasa bersama yang diselingi dengan penayangan video selama kegiatan PMB serta dimeriahkan dengan kembang api yang menandakan ucapan selamat kepada angkatan 2011 kemudian diakhiri dengan “barikade” khas dari Fakultas Peternakan.


Akhirnya kegiatan PMB pun berakhir. Baik para dosen, panitia, ataupun para senior tinggal menunggu gebrakan serta inovasi dan perubahan dari angkatan baru kali ini.

Tetap semangat!!!
Bison 2011... Fapet!!!! Fapet!!! Fapet!!!

sumber: blog TTIP


Silakan copy-paste dengan tetap mencantumkan link sumber


1 comment:

  1. Sok sing jaradi spt nu harebat lah!

    ReplyDelete


[pulangkandang.com]-> [close]