Kisah Domba yang Ditawar Seharga 20 Milyar Rupiah

Booming ekonomi di negeri tirai bambu Cina tidak hanya membawa peningkatan kemakmuran, tetapi juga kisah-kisah aneh yang bagi sebagian orang mungkin tidak masuk akal. Setelah muncul berita tentang penjualan anjing termahal di dunia seharga 1,5 juta dolar, pembuatan mesin dispenser dari emas, maka ada pula terselip kisah domba yang ditawar orang kaya setempat dengan harga jutaan dolar.


Domba Dolan adalah jenis domba langka yang memiliki hidung khas melengkung, telinga panjang terkulai dan 'ekor kembar' (karena bentuk ekornya relatif besar dan terkesan terbelah dua). Hal yang benar-benar membuat mereka istimewa adalah jumlah populasinya yang konon tinggal tersisa sekitar 1.000 ekor di dunia ini. Domba ini awalnya dibiakkan di sebuah kota pada jalur Jalan Sutra bernama Kashgar, barat laut China.

Hewan yang sebenarnya dapat tumbuh relatif cepat dan menghasilkan banyak daging ini kini dikembangbiakkan sebagai hewan hias murni. Domba Dolan mencapai kematangan dalam waktu hanya enam bulan dan bobotnya dapat mencapai lebih dari 200 lbs (90-an kg). Konon dikabarkan bahwa sekarang ini tidak ada lagi yang berpikir untuk 'mengorbankan' mereka sebagai penghasil daging.

Menurut para peternak domba Dolan, orang-orang kaya Cina datang dengan menggunakan mobil limusin mewah, membayar sejumlah uang untuk spesimen, menempatkan di jok belakang dan pergi. Kebanyakan dari mereka adalah pengusaha muslim Uighur yang telah mendapat kesuksesan dalam bisnis domba dan sekarang tertarik untuk memiliki Dolan untuk hewan peliharaan.

Harga ditetapkan sesuai dengan kondisi dari setiap domba. "Semakin gelap bulu, semakin baik harganya. Semakin besar telinga juga lebih baik harganya. Semakin melengkung wajahnya juga semakin mahal, misalnya yang berbentuk seperti paruh elang. Yang terbaik juga adalah yang memiliki tubuh gelap dan ekor putih," kata Mr. Liu, seorang peternak dari Aksu.

Peternak seringkali harus bermitra dengan rekan-rekannya untuk membeli spesimen tunggal dan kemudian berbagi biaya budidaya peternakan yang mahal. Sebuah dosis semen dari domba Dolan terbaik dapat dibeli dengan biaya hingga 300.000 yuan ($ 47.000 atau sekitar 429 juta rupiah).


Domba Dolan yang paling mahal adalah pejantan berusia enam tahun milik Abdul Majid Reyim, seorang peternak di Kashgar. Dia mengaku telah menerima tawaran dari 14 juta yuan ($ 2,2 juta atau sekitar 20 milyar rupiah) tetapi menolaknya. Tindakannya mungkin benar, mengingat domba berharganya adalah sumber untuk semua domba dengan silsilah terbaik di daerah tersebut dan orang-orang akan membayar biaya pemuliaannya.

Menurut Mr Liu, harga domba Dolan telah meroket dalam beberapa tahun terakhir. Dia membeli dua dari mereka di tahun 2009 dengan harga 25.000 yuan, dan tahun depannya mereka sudah seharga 250.000 yuan.

(yzk/odditycentral.com)

catatan: sayang sekali tidak ada catatan pembuktian secara sahih oleh pihak independen untuk membenarkan pencapaian rekor penawaran domba yang mahal tersebut.

Post a Comment

No comments