26 April 2012

Fransisca N. Mok: "Kalau Mau Maju, Jangan Cengeng!"

Situs Bisnis.com melansir berita penandatanganan dua buah perjanjian kerjasama pada tanggal 12 April 2012, antara PT. Bank Mandiri Tbk dengan PT. Pertamina EP dan PT Pertamina. Kedua perjanjian bertujuan untuk membantu peningkatan efisiensi dan efektivitas pembiayaan kepada vendor-vendor, dan menyangkut kerja sama vendor development dengan Pertamina EP dan dukungan data dengan PT Pertamina. Penandatanganan tersebut dilakukan oleh Direktur Corporate Banking Bank Mandiri Fransisca Nelwan Mok, Presiden Direktur Pertamina EP Syamsu Alam, dan Direktur Umum Pertamina Waluyo di Jakarta.

Sosok direktur wanita dari Bank Mandiri yang merupakan alumnus Angkatan 1976 Fapet Unpad ini patut mendapat apresiasi yang tinggi, karena menunjukkan bukti kesetaraan kemampuan kaum hawa yang sama mumpuni di dunia kerja. Selain itu latar belakang pendidikan sang Direktur Corporate Banking layak menjadi inspirasi bagi setiap mahasiswa dan alumni Fakultas Peternakan Unpad untuk mencapai prestasi tertinggi di berbagai bidang.

Laman Bank Mandiri memuat riwayat singkat perempuan kelahiran Purworejo, 13 Juli 1956, tersebut. Ia menyelesaikan pendidikan Sarjana Peternakan dari Universitas Padjajaran Jurusan Veterinary pada tahun 1981 dan memperoleh gelar Magister Manajemen dari Sekolah Tinggi Manajemen Labora Jurusan Keuangan pada tahun 2002.

Karier pertamanya berada di Bank Bumi Daya pada UKP Bagian Kredit Produksi pada tahun 1983 dan ia menduduki berbagai posisi di Bank Bumi Daya selama kurun waktu 16 tahun. Jabatan terakhirnya adalah Pembina pada Group Pembinaan & Penyelesaian Kredit UPK Bagian Pembinaan 1 UPK pada tahun 1999. Seiring dengan proses merger Bank Mandiri, Fransisca bergabung dan menduduki jabatan sebagai Senior Officer CRM – Corporate & Financial Institution pada tahun 1999.

Pada tahun 2001 alumnus Fapet Unpad yang berdedikasi tinggi ini menjabat sebagai Manager Jakarta District Center Region III Hub KC Jakarta Kota. Kemudian pada tahun 2003 menjabat sebagai Manager pada Commercial Banking Center, Jakarta Kota sampai dengan tahun 2004. Di tahun 2005 hingga Januari 2006 menjabat sebagai regional manager Jakarta Kota kemudian, bulan Februari 2006, ia menduduki jabatan sebagai Group Head Jakarta Commercial Sales Group sampai dengan Mei 2010.

Bulan Mei 2010 ibu dari tiga orang putri ini ditunjuk untuk menduduki jabatan sebagai Direktur Corporate Banking sampai dengan sekarang.

Suarakarya-online memuji keberadaannya sebagai sosok bidadari dari jajaran Board of Directors Bank Mandiri. Ibu tiga putri ini dinilai sangat memahami visi dan misi dalam mengemban tugas, serta kewajiban dan wewenangnya sebagai Direktur Corporate Banking pada bank dengan nilai aset terbesar di Indonesia itu.

antarafoto.com
Kemampuan analisisnya tidak perlu diragukan dan pengalaman menjadikannya sebagai penentu kebijakan. Penyuka olahraga renang ini mengatakan, sektor-sektor kredit korporasi akan tumbuh seperti telekomunikasi, migas dan pertambangan, infrastruktur, dan perkebunan. Pertumbuhan kredit korporasi tahun 2012 diestimasi naik 20 persen.

infobanknews.com sempat mengangkat profilnya pada suasana peringatan Hari Kartini tahun lalu. Ia dianggap sebagai salah satu bankir wanita pertama sejak kehadiran Bank Mandiri. Posisinya juga tidak mudah untuk diduduki, kecuali orang tersebut memiliki kompetensi yang baik di bidang ini.

Menurutnya, yang banyak berjasa dalam meningkatkan karir di perbankan adalah para seniornya dan keluarganya. Para seniornya itu pula yang selalu membimbing, sehingga memberi motivasi untuk kerap meningkatkan kinerja. Sementara keluarga juga turut memberikan andal dalam meniti karirnya di perbankan.

Menurutnya, banyak wanita di Indonesia yang memiliki kecerdasan dan pengalaman yang baik, sehingga dapat menjadi pemimpin di suatu perusahaan. Baginya, jika wanita Indonesia ingin terus maju, maka jangan cengeng.

“Jangan cengeng,” katanya. Ia memotivasi wanita di Indonesia untuk terus maju.


Silakan copy-paste dengan tetap mencantumkan link sumber


No comments:

Post a Comment


[pulangkandang.com]-> [close]