02 April 2012

Jelang e-voting Pemilihan Ketua Umum IKA UNPAD

foto:google
Hingar bingar perhelatan untuk memilih Ketua Umum IKA UNPAD sudah mulai terdengar beberapa waktu yang lalu. Prosesi yang mulai menggunakan mekanisme e-voting ini menjadi perhatian pucuk pimpinan IKA Fapet Unpad juga. Sudahkah semua alumni Fapet Unpad mengikuti perkembangan terakhir? Berikut ini sekilas warta yang kami kutip dari ikaunpad.net:

Pemilihan tersebut seluruhnya akan dilaksanakan secara elektronik (e-voting), baik pemilihan jarak jauh (online) maupun pemilihan langsung di TPS. Panitia bersama dcistem (Pengelola ICT Rektorat Unpad) telah menyiapkan sistem pemilihan elektronik dimaksud. Dengan pemilihan elektronik (e-voting) ini panitia tidak perlu lagi mencetak kertas suara seperti pada pemilihan konvensional. Sebagai konsekuensinya para alumni yang akan menggunakan hak pilihnya wajib teregistrasi di database panitia sebagai pemilih. Seperti diberitakan sebelumnya pendaftaran pemilih dapat dilakukan melalui situs http://alumni.unpad.ac.id atau melalui SMS ke 082260606014 atau email ke ika@unpad.ac.id. Alumni yang tidak teregistrasi di database atau tidak mendaftarkan diri sebagai pemlih tidak dapat menggunakan hak pilihnya.

Setiap alumni yang telah teregistrasi atau mendaftarkan diri di http://alumni.unpad.ac.id atau melalui SMS 082260606014, atau email ke ika@unpad.ac.id akan mendapatkan nomor register yang dikirim melalui email yang didaftarkan oleh alumni yang bersangkutan. Satu email hanya dapat didaftarkan oleh satu orang calon pemilih, dan satu nomor register hanya dapat digunakan oleh satu orang pemilih. Panitia mengingatkan agar pemilih yang telah mendapatkan nomor registrasi untuk tidak mempublikasikan nomor registrasi masing-masing untuk menghindari penggunaan yang tidak bertanggung jawab.

Untuk melakukan pemilihan langsung di TPS (Ghra Sanusi Hardjawinata), setiap pemilih (alumni yang telah memiliki nomor registrasi) akan mendapatkan kartu pemilih yang berisi identitas pemilih dan bar code. Kartu pemilih akan diberikan pada saat alumni mengisi daftar hadir Reuni dan Pemilihan Ketua Umum IKA Unpad. Pada saat memasuki TPS pemilih harus menunjukkan kartu pemilih tersebut selanjutnya panitia akan men-scan bar code yang tertera pada kartu pemilih tersebut. Panitia akan memanggil pemilih yang telah masuk ke dalam TPS satu persatu sesuai dengan urutan kehadiran. Pemilih akan diminta kembali untuk menunjukkan kartu pemilihnya dan panitia akan men-scan kembali bar code pada kartu pemilih untuk mengaktifkan bilik suara.

Bilik suara adalah tempat pemungutan suara yang dilengkapi dengan perangkat komputer/gadget touch screen. Sebelum panitia memanggil pemilih untuk masuk ke bilik suara, bilik suara dalam keadaan terkunci (locked) sampai satu orang pemilih dipanggil panitia dan scanning bar code selesai, maka bilik suara akan diaktivasi. Setelah pemilih melakukan pemilihan bilik suara akan kembali terkunci.

Mari kita sukseskan Pemilihan Ketua Umum IKA Unpad periode 2012-2016, daftarkan diri anda sekarang di http://alumni.unpad.ac.id.



Silakan copy-paste dengan tetap mencantumkan link sumber


No comments:

Post a Comment


[pulangkandang.com]-> [close]