24 April 2012

Kisah Telur Ayam Terberat Di Dunia


Telur ayam terberat di dunia yang pernah diberitakan media adalah yang tercatat di Campo Florido, 25 kilometer sebelah timur kota Havana Kuba. Berita yang dilansir worldrecordsacademy.org pada tahun 2009 silam menyebutkan bahwa seekor induk ayam bernama 'Titi' telah menghasilkan telur seberat 180 gram!

Pemilik Titi adalah seorang kakek berusia 77 tahun bernama Teofilo Martinez, pensiunan pegawai peternakan. Ia mengaku sudah memelihara ayam sepanjang hidupnya, tetapi tetap tak dapat mempercayai penglihatannya sewaktu menemukan telur yang dihasilkan salah satu dari duapuluh induk ayam yang dipeliharanya tersebut.

Martinez mengatakan Titi terlihat normal saja, tetapi sang induk ayam tersebut tidak dapat duduk dengan nyaman diatas sarangnya. Saat itulah Martinez melihat keberadaan telur raksasa tersebut.


Estela Guerra (66 tahun), istri Martinez, mengungkapkan kepada media betapa semua orang merasa takjub ketika melihat telur tersebut. "Kami sudah memiliki ayam sejak lama sekali, tapi tidak pernah melihat telur yang sebesar ini," katanya.

Kedua kakek nenek tersebut memanggil cucu mereka, Kendry, yang kemudian menimbang berat telur tersebut di sebuah toko perhiasan yang memiliki alat timbangan elektrik. Angka pengukuran elektrik tersebut menunjukkan bahwa berat telur adalah 180 gram.

Kendry berperan besar dalam mempublikasikan telur unik tersebut. Ia mengaku teringat beberapa waktu sebelumnya ada berita media tentang penemuan telur terbesar yang berada di sebelah timur pulau tempat mereka bermukim.

"Berat telur tersebut 171 gram, sehingga kami penasaran tentang telur ayam kami. Yang mana yang paling berat dan dapat memecahkan rekor terberat diantara semua telur," katanya. Ia kemudian menghubungi media berita dengan tujuan agar dunia mengetahui hal tersebut.

Berita tentang telur terbesar juga pernah dipublikasikan Mail Online. Seekor ayam betina bernama Harriet, yang dimiliki Tony Barbouti di Essex Inggris, menghasilkan telur dengan berat 163 gram. Penemuan ini urung dicatatkan sebagai rekor dunia karena terkendala biaya pendaftaran sebesar 400 poundsterling, meskipun sebelumnya rekor dunia telur terberat dipegang oleh telur yang beratnya 'hanya' 117 gram.


Silakan copy-paste dengan tetap mencantumkan link sumber


No comments:

Post a Comment


[pulangkandang.com]-> [close]