26 April 2012

Smurf, Sapi Pemecah Rekor Penghasil Susu Terbanyak di Dunia

Dia adalah creme de la creme, yang terbaik dari yang terbaik. Seekor sapi jenis Holstein bernama Smurf, dari sebuah peternakan di Kanada, telah ditetapkan sebagai peraih rekor dunia baru untuk jumlah produksi susu paling banyak dalam seumur hidupnya. Sapi tersebut tercatat menghasilkan 216.891 kg susu selama lebih dari 15 tahun hidupnya dan belum menunjukkan tanda-tanda berhenti. Smurf masih tetap berproduksi.

"Jumlah itu setara dengan lebih dari satu juta gelas susu," kata peternak pemilik Smurf, Eric Patenaude, yang dengan bangga menambahkan, "dia merupakan produsen terbaik dari semua sapi perah di dunia."

"Yang menakjubkan adalah bahwa dia melakukannya untuk jangka waktu yang sangat lama," katanya lagi. Eric adalah salah satu dari empat bersaudara yang mengelola peternakan La Ferme Gillette di Embrun, sekitar satu jam ke arah tenggara dari Ottawa.

Guinness World Records mengkonfirmasi catatan rekor baru Smurf sebagai penghasil susu terbanyak kepada AFP. Sebelumnya, rekor tersebut dimiliki seekor sapi dari negara bagian Michigan. Konon hanya ada empat ekor sapi perah di dunia yang tercatat menghasilkan susu lebih dari 200.000 liter selama umur hidupnya.

Smurf, dalam usianya yang menginjak 15 tahun -setara seorang wanita tua berusia 105 tahun untuk manusia- telah hidup lebih dari dua kali lamanya usia sapi perah rata-rata. Ketika sapi lain rata-rata menghasilkan sekitar 35 liter susu sehari, Smurf menghasilkan 50 liter per hari. Empat generasi sebelum Smurf juga ternyata berusia lebih dari 10 tahun. Sapi tersebut dinilai memiliki gen yang bagus. Bapaknya adalah seekor pejantan bernama Emperor dari Wisconsin dan ibunya, Murphy, juga seekor penghasil susu yang baik.

"Dia penghasil susu, tapi bukan sapi yang suka dimanja," tambah sang peternak. Ternak seberat 750 kg tersebut cukup puas dengan makanan biasa dari suplemen jagung, alfalfa dan protein.

Smurf akan berusia 16 tahun pada bulan September dan sedang menunggu kelahiran anak kesebelasnya dalam beberapa minggu mendatang. Sejauh ini dia hanya punya satu anak betina untuk melanjutkan tradisi sebagai penghasil susu yang baik.

Peternakan La Ferme Gillete memiliki 1.200 ekor sapi, dan 450 ekor diantaranya adalah penghasil susu untuk diolah menjadi keju, yoghurt, mentega atau minuman. Perusahaan ini merupakan legenda keluarga peternak penghasil susu dan terus mencetak prestasi pada generasi keempatnya. Tak hanya menghasilkan susu, mereka mereka juga memiliki pejantan yang sangat terkenal dan banyak dipesan spermanya ke seluruh dunia.

Bahan tulisan diambil dari pawnation.com dan thestar.com.


Silakan copy-paste dengan tetap mencantumkan link sumber


No comments:

Post a Comment


[pulangkandang.com]-> [close]