Banyak Peternak Jual Sapi Saat Idulfitri

Sejauh ini, kebutuhan daging sapi di Jabar tergolong tinggi. Akan tetapi, kondisi itu kurang diimbangi ketersediaan sapi potong. Kepala Dinas Peternakan Jabar, Koesmayadi Tatang Padmadinata, mengatakan, saat ini ketersediaan sapi di feed loader Jabar sekitar 48 ribu ekor. Itu untuk pemenuhan kebutuhan selama 1 tahun. Sedangkan kebutuhan sapi jantan untuk kurban tergolong tinggi.

Koes, sapaan akrabnya, memprediksi tidak tertutup kemungkinan kondisi itu membuat Jabar terancam kekurangan sapi potong untuk pemenuhan kebutuhan Iduladha. Selain minimnya ketersediaan, ada faktor lain yang membuat Jabar terancam minim sapi potong saat Iduladha.

Faktor lainnya, kata Koes, tidak tertutup kemungkinan banyak peternak yang memilih menjual sapi-sapinya saat momen Idulfitri. Pada momen itu harga jualnya positif, yaitu sekitar Rp 32 ribu per kilogram potong hidup. "Saat Iduladha, saya kira, harganya naik menjadi Rp 35 ribu per kilogram potong hidup," sambungnya, pada sela-sela Halal Bihalal di Gedung Sate Bandung, Senin (27/8).

Apabila pada akhirnya, harga jual sapi potong kurban naik, tentunya hal itu berdampak pada daya beli masyarakat. Menurutnya, pasca Idulfitri daya beli masyarakat cenderung turun. Itu terjadi karena tingkat konsumtif masyarakat untuk pemenuhan kebutuhan Idulfitri begitu besar.

"Selain itu, momennya bertepatan dengan mulainya aktivitas sekolah dan perguruan tinggi. Tentunya, hal itu membuat kebutuhan masyarakat pun kembali meningkat," ujarnya.

sumber: Tribun Jabar


Post a Comment

No comments