Secretariat, Legenda Kuda Tercepat di Dunia

Berita fenomenal tentang Black Caviar, seekor kuda balap betina dari Australia, mewarnai tahun 2012 ini. Kuda yang dilatih Peter Moody tersebut menjalani perjalanan 30 jam menuju Inggris menggunakan pesawat udara untuk mengikuti event balap kuda bergengsi. Black Caviar menantang Frankel, kuda balap jantan setempat yang menjadi juara pacuan di negeri Ratu Elizabeth tersebut.

Sementara Frankel dapat mencatatkan rekor kecepatan tertinggi 42,53 mil per jam, maka Black Caviar dilaporkan situs Dailymail pernah meraih rekor terbaik 44.83 mil per jam dalam kompetisi yang diikutinya. Keduanya adalah kuda-kuda tercepat di dunia.


Begitu berharganya Black Caviar sehingga ia diberi perlakuan sangat istimewa, bahkan dibuatkan pakaian khusus dalam perjalanan dan penampilannya.

Meski demikian, bukan kedua kuda tersebut yang menjadi pemegang rekor sebagai kuda tercepat di dunia. Sejarah mencatat bahwa kecepatan tertinggi kuda balap diraih oleh seekor kuda bernama Secretariat yang berasal dari Virginia, Amerika Serikat. Situs Whyzz melaporkan kuda tersebut pernah meraih kecepatan 55 mil per jam atau sekitar 88 km per jam.


Secretariat ditulis Wikipedia sebagai kuda pertama yang pada tahun 1973 menjadi Triple Crown Champion setelah kurun 25 tahun. Ia memenangkan tiga seri kejuaraan balap kuda bergengsi di negeri paman Sam tersebut dalam tahun yang sama. Ketiga kejuaraan kuda pacu tersebut yaitu The Kentucky Derby, The Preakness Stakes dan The Belmont Stakes. Rekor Secretariat masih bertahan hingga sekarang.

Secretariat secara keseluruhan memenangkan 16 dari 21 balapan dalam karirnya, dengan tiga kali menjadi juara kedua, dan sekali menjadi juara ketiga. Kuda legendaris ini meraih pendapatan 1,3 juta dolar Amerika. (yzk)

Post a Comment

1 comment:

  1. harganya pastinya wow banget kayaknya nih

    ReplyDelete