Asyiknya Menonton Serbuan 1000 Bison

Tak hanya kaum dewasa, anak berusia dua tahun ikut asyik menikmati tontonan spektakuler, ketika 1000-an ekor bison melewati padang prairi bagian barat South Dakota, Amerika Serikat. Kegiatan yang dinamakan 'Buffalo Roundup' tersebut tahun ini merupakan penyelenggaraan yang ke-47 kalinya, demikian dilansir nydailynews.com.

pic credit: AP Photo/Kristi Eaton
Buffalo Roundup atau kumpul bison sudah diselenggarakan sejak 50 tahun lalu, dan menjadi kesempatan berharga untuk menyaksikan kehidupan salah satu ikon makhluk alam yang luar biasa di Amerika tersebut.

Panitia penyelenggara menyatakan kurang lebih 14.000 orang mengikuti acara ini. Para penonton bahkan ada yang harus menyiapkan kepergian menuju acara tersebut selama berbulan-bulan sebelumnya untuk mendapat pengalaman menjadi saksi kehebatan alam liar Amerika.

pic credit: AP Photo/Kristi Eaton
Buffalo Roundup diselenggarakan selama beberapa hari, dan berhasil menjaring pengunjung dari dalam negeri Paman Sam, maupun turis-turis dari Jerman, Australia dan New Zealand.

Awalnya konon terdapat jutaan bison (atau disebut juga buffalo) di alam liar, tetapi perburuan yang tak terkendali menyebabkan hanya tinggal 1000 ekor bison yang tersisa di abad 20 ini.

pic credit: AP Photo/Kristi Eaton
Sekitar 225 hingga 250 bison dipilih untuk dijual pada bulan November, yang ditujukan untuk melengkapi ternak yang sudah ada, atau mungkin diambil dagingnya.

Tujuan kegiatan pengumpulan bison ini sendiri adalah untuk tetap mempertahankan populasi hewan tersebut dalam jumlah sekitar 1000 ekor. Para bison dikumpulkan dalam kandang selama beberapa waktu untuk memberi tanda individu baru, sebagian lainnya divaksinasi, dan bison betina diperiksa kehamilannya.

Post a Comment

No comments