Foto-foto Menakjubkan Bakteri Mematikan!

Foto-foto baru dari bakteri pembunuh, yang tak pernah dilihat manusia sebelumnya, berhasil didapat dengan teknologi tercanggih pengambilan gambar masa kini. Beberapa gambar lebih mirip lukisan dengan keindahan luar biasa, daripada menggambarkan kedahsyatan daya bunuh bakteri tersebut. Berikut beberapa diantaranya yang diambil dari situs DailyMail.

E. coli bacteria. Pembesaran: 17.000x

Escherichia coli, atau biasa disingkat E. coli, adalah salah satu jenis spesies utama bakteri gram negatif. Pada umumnya, bakteri yang ditemukan oleh Theodor Escherich ini dapat ditemukan dalam usus besar manusia. Kebanyakan E. Coli tidak berbahaya, tetapi beberapa, seperti E. Coli tipe O157:H7, dapat mengakibatkan keracunan makanan yang serius pada manusia yaitu diare berdarah karena eksotoksin yang dihasilkan bernama verotoksin. Toksin ini bekerja dengan cara menghilangkan satu basa adenin dari unit 28S rRNA, sehingga menghentikan sintesis protein. Sumber bakteri ini contohnya adalah daging yang belum masak, seperti daging hamburger yang belum matang. (wikipedia)

Bacillus anthracis bacteria. Pembesaran: 18.300x

Anthrax adalah penyakit hewan yang dapat menular ke manusia dan bersifat akut. Penyebabnya adalah bakteri Bacillus anthacis. Bakteri ini bersifat aerob dan di alam bebas akan membentuk spora yag bisa bertahan hidup hingga puluhan tahun serta bisa menjadi sumber penularan pada hewan dan manusia.

Hewan tertular anthrax biasanya akibat makan spora yang menempel pada tanaman yang dimakan. Sapi, kerbau, kambing, domba, kuda, burung onta, dan babi merupakan beberapa contoh hewan yang sering terjangkit anthrax. (gayahidupsehat.org)

Borrelia burgdorferi. Pembesaan: 3650x

Penyakit Lyme (Lyme disease) adalah salah satu jenis penyakit menular pada manusia dan hewan dengan perantara (vektor) berupa kutu. Penyakit ini diberi nama Lyme dari kata Old Lyme, suatu kota di Connecticut dimana kasus ini pertama kali ditemukan. Penyakit ini disebabkan oleh Borrelia burgdoferi, bakteri dari golongan Spirochetes, dan disebarkan secara luas oleh kutu Ixodes scapularis. Kutu tersebut umumnya menghisap darah burung, hewan peliharaan, hewan liar, dan juga manusia.(wikipedia)

Post a Comment

No comments