28 September 2012

Koperasi Sapi Perah Tingkatkan Kesejahteraan Rakyat

Siklus aktivitas peternakan sapi perah bagai perputaran roda sebuah industri. Kegiatan mulai dari memilih jenis sapi perah unggul, perawatan, dan pemberian pakan yang berkualitas akan menghasilkan produksi susu yang berkualitas dengan kuantitas yang melimpah pula.


Peternakan sapi perah di Kabupaten Pasuruan yang populasinya mencapai 81.356 ekor menjadi sumber penghidupan bagi sedikitnya 23.567 rumah tangga peternak (RTP). Tersebar di empat wilayah kerja koperasi susu, masing-masing KPSP “Setia Kawan” Nongkojajar, KUD “Dadi Jaya” Purwodadi, KUD “Sembada” Puspo, dan KUTT “Suka Makmur” Grati.


Jumlah produksi susunya mencapai 190 ton per hari. Produksi susu segar tersebut dijual ke PT Nestle, serta ke PKIS Sekar Tanjung, PT Indolakto, serta pasar lokal. sehingga seluruh produksi susu segar peternak habis terjual.


Peternak menjual susu lewat koperasi dengan harga rata-rata Rp 3.400,00 per liter, dan koperasi menjual ke pabrik susu rata-rata Rp 3.850,00 per liter. Sedangkan produkitivitas susu rata-rata 10 liter per ekor per hari dengan kepemilikan sapi rata-rata 3 ekor per peternak, dengan penghasilan peternak sekitar Rp 102.000,00 per hari.


Sehingga peternakan sapi perah di Kabupaten Pasuruan mampu menjadi sumber penghidupan yang mampu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, tidak saja bagi peternak, tapi juga masyarakat di sekitarnya. Usaha peternakan sapi perah juga mampu menciptakan lapangan kerja baru serta menggerakkan kegiatan sektor ekonomi lain.


Peternak telah sadar bahwa peningkatan kesejahteraan ekonomi juga harus juga dibarengi dengan peningkatan kesehatan dan gizi keluarga, sehingga selain meningkatkan penjualan produksi susu, juga melakukan gerakan kesadaran minum susu untuk meningkatkan kualitas generasi penerus yang sehat.

Teks dan Foto : Musyawir/12/antarajatim.com/Oka


Silakan copy-paste dengan tetap mencantumkan link sumber


2 comments:

  1. Emang sapi makan angin? Coba pengahasilan harian dipotong pakan sapi sehari2, termasuk tenaga yang dikeluarkan peternak. Berapa netto penghasilan mereka? Sangat minim tentunya. Perbincangan kami dg peternak, pakan sapi/ekor 15.000 sekali makan. Sementara sapi makan 2 kali/hari.

    ReplyDelete
  2. pegawai koperasi tambah soge soge ganti2 mobil petanine tuku beras ae kangelan.........

    ReplyDelete


[pulangkandang.com]-> [close]