Prancis Melegalkan Adu Banteng


Mahkamah Konstitusi Prancis menolak permintaan para pegiat binatang untuk melarang adu banteng di kawasan selatan negara itu. Sejak kawasan Catalonia, Spanyol, melarang adu banteng mulai tahun ini, kelompok pecinta binatang Prancis meningkatkan upaya untuk melarangnya.

Para pegiat meminta adu banteng dikategorikan sebagai kekejaman terhadap binatang. Namun para hakim Mahkamah Konstitusi menyatakan adu 'tradisional' ini tidak membahayakan hak konstitusional penduduk. Sementara para pendukung adu banteng mengatakan tradisi lokal ini penting untuk wisata. Lebih dari 1.000 banteng mati setiap tahun dalam kegiatan di Prancis, menurut kantor berita AFP.

Walaupun adu banteng berasal dari Spanyol namun asal muasalnya adalah Prancis pada sekitar satu setengah abad lalu. Adu banteng -yang disebut corridas di Spanyol - populer di kawasan Nimes dan Arles, Prancis.

Tahun lalu, anggota parlemen Catalonia, Spanyol melakukan pemungutan suara dan memutuskan untuk melarang kegiatan ini, larangan pertama di negara tersebut. Wartawan BBC di Paris mengatakan jajak pendapat baru-baru ini menunjukkan 48% warga Prancis mendukung larangan.

Menteri Dalam Negeri Prancis Manuel Valls -yang lahir di Barcelona- justru menyatakan dukungannya atas adu banteng.

Adu banteng dilarang di sejumlah kawasan di Prancis.

Para pegiat mengatakan tengah mempertimbangkan untuk mengajukan kasus ini ke Mahkamah Hak Asasi Eropa, menurut Fraser.

sumber: pikiran-rakyat.com

Post a Comment

No comments