21 November 2012

Kala Mesin Menyikat, Sapi Merasa Nikmat, dan Produksi Susu Meningkat!

Seekor sapi secara dramatis terlihat dalam gambar sedang menikmati putaran mesin penyikat otomatis pada saat ia menjalani ritual mandinya. Mesin tersebut dirancang oleh perusahaan DeLaval dari Swedia dan diklaim sebagai pembawa 'kenikmatan hidup' bagi sapi dan merupakan kabar baik bagi para peternak.


Juru bicara DeLaval sebagaimana dikutip DailyMail menyatakan bahwa memandikan sapi dapat meningkatkan produksi susu dengan meningkatkan sirkulasi darah dan mencegah penyebaran penyakit.

Penyikatan dimulai dengan kecepatan yang tenang, dan ayunannya ke segala arah ketika menyikat dapat membuat sapi lebih tenang. Ayunan sikat dalam berbagai arah dari mesin otomatis tersebut ketika membersihkan kulit sapi, dapat membuat sapi merasa lebih gembira, sehat dan produktif. Bulu-bulu sikat memiliki ukuran dan kekerasan yang tepat untuk merangsang sirkulasi darah.


Penelitian para ahli di Amerika Serikat menunjukkan bahwa sapi yang rutin disikat memiliki kemungkinan lebih kecil 34% menderita mastitis, penyakit yang dapat menyebabkan ketidaknormalan susu. Sapi yang dipelihara di kandang yang memiliki instalasi mesin penyikat otomatis juga dilaporkan mengalami kenaikan produksi susu 3,5%.

Bagaimana dengan peternakan sapi perah di Indonesia?


Silakan copy-paste dengan tetap mencantumkan link sumber


No comments:

Post a Comment


[pulangkandang.com]-> [close]