15 March 2013

Romantisme Hitam Putih Para Koboi Terakhir Amerika

Kehidupan koboi Amerika di alam bebas telah mengilhami dunia perfilman Hollywood selama beberapa dekade. Koboi adalah ikon yang tak terpisahkan dari identitas negeri Paman Sam, dan seolah mewakili kehidupan masa lalu mereka dalam menghadapi kerasnya alam dan peradaban. Romantisme tentang kehidupan mereka diwujudkan oleh seorang fotografer, Adam Jahiel, dalam koleksi foto-foto hitam putih sebagaimana ditampilkan laman Daily Mail.


Koboi bagi sang fotografer adalah kelompok orang yang mewakili bagian budaya khas dari Amerika yang kini mulai menghilang dengan cepat. Ia menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk mengambil gambar mereka di Great Basin, Nevada. Daerah tersebut dikenal sebagai tempat yang paling tidak bersahabat di bagian Barat Amerika yang keras.


Para koboi, petani dan para penggarap lahan di Amerika mengalami masa-masa yang sulit pada akhir tahun 1900-an. Perubahan mode pertanian dan distribusi makanan, urbanisasi yang meluas, serta krisis ekonomi yang parah telah memaksa mereka menjual tanah, bangkrut, beralih profesi atau berhutang dalam jumlah besar.


Hanya tersisa kurang dari sepuluh ribu orang koboi pada tahun 2003. Mereka berpenghasilan rata-rata $19.340 pertahun dengan bekerja di berbagai lahan peternakan, pusat stok ternak, dan rodeo tentunya.


Koboi adalah profesi kuno, atau bentuk seni, yang sekarang sudah dianggap sekarat. Bagaimanapun, koboi merupakan ikon khas Amerika yang melekat dengan sejarah negeri tersebut.


Sekitar sepertiga dari para koboi tercatat berada di bidang pekerjaan yang dikenal sebagai 'olahraga pertunjukan', yang terutama berada di arena rodeo, sirkus atau pentas teatrikal pawang ternak.


Meski demikian masih terdapat para koboi terakhir yang hidup di tengah-tengah ganas dan kerasnya alam liar Amerika. Sang fotografer mampu menangkap fenomena tersebut dalam koleksi foto-foto yang membuat mereka yang melihatnya 'menahan nafas' dan membayangkan kehidupan mereka yang tetap menekuni profesi yang nyaris punah tersebut.

Para koboi terakhir masih ada...


Silakan copy-paste dengan tetap mencantumkan link sumber


No comments:

Post a Comment


[pulangkandang.com]-> [close]