Fakieh Poultry Farms, Ambisi Peternakan Ayam Terbesar Di Dunia


Di mana peternakan ayam terbesar di dunia berada? Sejauh penelusuran yang dapat ditempuh, Fakieh Poultry Farms, peternakan ayam terbesar di dunia yang dimiliki oleh perorangan, terletak di Jeddah, Saudi Arabia. Pemilik dan pendirinya, Abdul Rahman Fakieh, sebagaimana dikutip Meat Trade News Daily menyatakan bahwa perusahaan tersebut sejak tahun 2010 melaksanakan proyek ambisius, berupa investasi 3 milyar riyal atau sekitar 9,7 triliun rupiah untuk meningkatkan kapasitas produksinya selama lima tahun.

Fakieh Poultry Farms, sebagaimana dilansir pada situs resminya, sedang menjalankan rencana untuk meningkatkan kapasitas produksi menjadi satu juta ayam per hari. Program ini mencakup pula pengadaan 12 breeding farm, 24 production farm dan 4 laying farm raksasa dan moderen, yang memproduksi 2,4 juta induk ayam per tahun dan telur konsumsi 3 juta butir per hari. Semuanya didukung oleh produksi pakan berkapasitas 3.800 ton per hari. Proyek raksasa diperkirakan akan menyediakan 6.000 lapangan kerja baru.

Peternakan raksasa yang memiliki 60 tahun pengalaman tersebut memiliki fasilitas super lengkap, dari hulu hingga hilir, meliputi penyediaan grandparents, indukan, penetasan, penyembelihan, pengemasan, bahkan armada pengiriman untuk tujuan seluruh pelosok negeri. Semua fasilitas telah mendapatkan sertifikasi ISO untuk keamanan pangan, administrasi, keamanan lingkungan dan kebersihan professional.

Ekspansi Fakieh Poultry Farms dilakukan sebagai respon terhadap peningkatan kebutuhan akibat bertambahnya populasi penduduk dan jamaah haji tahunan. Untuk menjaga kualitas, perusahaan juga melakukan berbagai macam program peningkatan sumberdaya manusia, dan mengadakan kerjasama dengan perusahaan-perusahaan internasional. Fakieh Poulty Farms mendapat dukungan sepenuhnya dari Kementrian Pertanian dan Bank Pertanian Kerajaan Saudi Arabia.

Post a Comment

1 comment:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete