Kisah Dokter Hewan Bijak dan Sapi Betina dari Illinois

Sudah menjadi suratan, satu-satunya sapi betina di sebuah kota kecil di Kentucky berhenti berproduksi. Para penduduk menjadi resah, karena susu sapi adalah kebutuhan yang sangat penting. Mereka kemudian beruding untuk mencari solusi. Hasilnya, mereka memutuskan akan membeli seekor sapi betina pengganti seharga 200 dollar dari seberang perbatasan, tepatnya dari wilayah negara bagian Illinois.

Sapi betina yang dimaksud akhirnya dapat mereka bawa pulang, dan ternyata memang kualitasnya tidak mengecewakan. Sapi yang sangat sehat, tubuhnya indah dan produksi susunya terus berlimpah. Orang-orang pun merasa puas dan sangat bergembira. Mereka bahkan kemudian memutuskan untuk mencarikan seekor sapi pejantan sebagai pasangan sapi betina tersebut. Tujuannya, agar dapat memperoleh sapi-sapi perah lagi yang kualitasnya sama baiknya dengan induknya.

Sayangnya, tak seperti harapan, ternyata proses perkawinan kedua sapi tidak berlangsung mulus. Setiap kali sang sapi pejantan berusaha untuk menaiki sapi betina, si sapi betina malah menghindar. Bahkan, jika si sapi pejantan baru mendekat saja, si sapi betina langsung berreaksi emoh melayani.

Orang-orang menjadi resah dan marah. Mereka lalu mendatangi seorang dokter hewan dan menceritakan kesulitan dalam perkawinan sapi-sapi baru mereka. “Dokter, tolonglah kami,” kata salah seorang dari mereka, “setiap kali si sapi jantan mau mendekati si sapi betina dari belakang, eh… dia malah menjauh! Kalau si jantan datang dari depan, dia malah membalik, lalu ngeloyor pergi. Kalau si jantan datang dari pinggir, eh… dia malah menjauh ke pingggiran. Bagaimana ini, Dok?”

Dokter hewan senior tersebut berpikir beberapa saat, lalu bertanya singkat, “Apakah sapi betina yang bapak-bapak beli itu kebetulan berasal dari Illinois?”

Orang-orang tercengang. Tak ada seorang pun yang memberitahu asal sapi betina yang dilaporkan. Sang dokter juga belum memeriksa sama sekali, baru diberi laporan singkat saja. Tak salah lagi, seperti yang mereka dengar, dokter hewan ini memang pintar, berpengalaman dan bijaksana.

“Wah, Dok… Anda memang dokter hewan yang hebat. Kok Anda bisa tahu sih?” tanya seorang di antara mereka, penasaran. “Iya, Dok, kok bisa tahu sapi itu berasal dari Illinois?” timpal yang lainnya.

Sang dokter menjawab tenang dengan pandangan mata menerawang, “isteri saya berasal dari sana….”

(diadaptasi dari simplybovine.com)

Post a Comment

No comments