Dr. Ir. Osfar Sjofjan, M.Sc., Alumnus Fapet Unpad, Maju di Pemilihan Rektor Universitas Brawijaya 2018-2022


Kabar tentang Dr. Ir. Osfar Sjofjan M.Sc., alumnus Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran angkatan 1980, yang melaju ke pemilihan rektor Universitas Brawijaya Malang merebak di kalangan alumni Fapet Unpad sejak akhir pekan lalu.

Kepastiannya sendiri dirilis oleh laman Prasetya Online (3/2/2018) yang menyatakan bahwa Wakil Dekan 3 Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya tersebut termasuk ke dalam 4 orang yang lulus seleksi administrasi, dari lima orang pengaju berkas yang diumumkan sebelumnya.

Para calon yang lulus seleksi administrasi selanjutnya akan mengikuti tes kesehatan terlebih dahulu pada hari Selasa dan Rabu (7-8 Februari 2018) di Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA), sebelum ditetapkan secara resmi menjadi bakal calon rektor Universitas Brawijaya.


Berita tentang pemilihan rektor universitas terkemuka di Jawa Timur tersebut juga mendapatkan porsi perhatian di media massa lokal. Berita bertajuk ‘Dua Profesor vs Tiga Doktor’ sempat menghiasi halaman muka ‘Radar Malang’.

Kang Osfar, sapaan akrabnya di kalangan alumni Fapet Unpad, merupakan akademisi kelahiran Bandung tahun 1960 yang kini bermukim di kawasan Sawojajar, Malang. Seusai menyelesaikan S1 di Universitas Padjadjaran, ia melanjutkan studi S2 di Wageningen Agricultural University, Belanda. Sedangkan program doktoral diselesaikannya di almamater asal, Universitas Padjadjaran, pada tahun 2003 pada bidang ilmu Bioteknologi Pakan Ternak.

Dosen Teladan Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya tahun 2006 tersebut tercatat pula sebagai Staf Ahli Dirjen Peternakan di Bidang Komisi Pakan, Tim Konsultan Pakan Non-Ruminansia Dirjen Peternakan dan beberapa jabatan lainnya. Kiprah di dunia pendidikan dan penelitian telah membawanya pula pada berbagai mimbar seminar ilmiah di dalam dan luar negeri.

Karya tulisnya diterbitkan dalam berbagai jurnal dalam maupun luar negeri. Kang Osfar juga menulis buku “Probiotik Basic Ilmiah, Aplikasi dan Aspek Praktis”.

Terkait produktivitas menulis, itulah pula harapannya kepada para alumni Fapet Unpad. “Alumni Fapet harus banyak berkiprah di nasional dan terutama internasional dalam hal publikasi ilmiah. Perbanyak penelitian dan ciptakan trade mark,” ungkapnya ketika dihubungi pulangkandang.com (4/2/2018).


Kang Osfar berharap langkahnya untuk ikut maju dalam bursa rektor Universitas Brawijaya mendapat doa dan dukungan dari semua pihak. Penerima Satyalencana Pengabdian 20 Tahun dari Presiden RI tersebut mengungkapkan kebanggaannya dapat membawa nama Fakultas Peternakan Unpad dan Universitas Padjadjaran di ‘tempat lain’.

Kiprah Kang Dr. Ir. Osfar Sjofjan, M.Sc. menjadi kandidat Rektor Universitas Brawijaya 2018-2022 menjadi kebanggaan pula bagi segenap keluarga besar Fapet Unpad dan Universitas Padjadjaran. Langkah perjuangannya dapat menjadi inspirasi dan penyemangat bagi seluruh alumni Fapet Unpad, terutama alumnus muda yang sedang mengawali perjuangan menapaki karir dan menggapai prestasi.

Post a Comment

No comments